Selasa, 19 Juni 2012

Tawas, Deodoran Alami yang Sehat


Bau badan memang terkadang bikin muak. Mencium bau badan sendiri aja kadang bikin pusing, apalagi kalo orang lain yang harus menciumnya? Bisa-bisa turun lah harkat dan martabat kita. Hwahahaha (pengalaman pribadi lagi -____-")


Nah, saya punya tips nih, yang satu ini berasal dari penjelasan sang guru Kimia saya, sewaktu kelas XII SMA, Ibu Lilik Fatmawati.
Cekidot...



Pernah dengar tawas yang biasa digunakan oleh perusahaan air minum untuk menjernihkan air?
Ternyata lebih dari itu, tawas, alias alum, alias K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O ini, memiliki khasiat yang super ajaib, yaitu bisa mengusir bau layaknya deodoran, dengan sekejap. 
Jika deodoran mengusir bau tidak sedap dengan cara menutupnya dengan wewangian, serta membunuh bakteri dan kuman dengan antiseptik yang dikandungnya, lain halnya dengan tawas. Sejenis batu yang mengandung banyak mineral alam ini dapat menjernihkan air, kemudian air tawas yang jernih tersebut bisa mengikat kuman penyebab bau badan dan membuangnya bersama aliran air tersebut.

So simple kan, cara kerja dari tawas dalam menghilangkan bau badan?
Pasti udah ada gambaran bukan, bagaimana Anda menyiasati bau badan dengan batu ini?
Begini cara yang saya gunakan:

  • Sekitar satu atau dua hari sebelum air tawas hendak digunakan, haluskan bongkahan tawas menjadi partikel yang lebih kecil, untuk memudahkan proses pelarutan,
  • Masukkan serbuk tawas tersebut ke dalam wadah yang berisi air, secukupnya,
  • Aduk sebentar, dan biarkan satu hingga dua hari,
  • Setelah dua hari, biasanya air akan terbagi menjadi 2 bagian. Yang berada di atas lebih jernih dan yang dibawah biasanya berisi sisa tawas yang mengendap bersama kotoran-kotoran air,
  • Ambil air bagian atas yang jernih kedalam sebuah botol bersih,
  • Coba tuang beberapa tetes ke telapak tangan Anda, dan usapkan pada kedua ketiak Anda,
  • Ulangi hingga 2-3 kali usapan,
  • Terakhir, tinggal buktikan saja dengan hidung Anda. Haha...
Bagaimana?
Adakah perubahan signifikan yang dilakukan oleh tawas terhadap tubuh Anda?
Hehe, pasti sangat jauh dari keadaan sebelumnya, bukan?

Selain mudah, lagi-lagi saya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat murah, dan efektif untuk menyelamatan beberapa lembar rupiah dari saku Anda.
Coba Anda bandingkan dengan deodoran yang dijual di supermarket. Sudah harganya mahal, kalo dipake terus-terusan juga nggak baik, soalnya bahan kimia yang terkandung di dalamnya juga macem-macem. Apalagi ada tuh temen saya yang alergi sama salah satu produk deodoran, dan kata dokter hal itu bisa bersifat karsinogen, alias pemicu kanker. Hiiii, ngeri deh...
Tapi kalo yang ini, insya Allah aman dan halal pemirsa. Hehe...

Oya, kalo soal tawas, biasanya Anda bisa menemukannya di toko-toko bangunan terdekat. Cukup beli sekilo sekitar 10 ribuan, cukup buat satu semester. Irit kan???
Ya, kurangnya sih cuma satu. Nggak ada wangi-wangiannya. Kalo deodoran kan plus perfume, jadi bisa buat wangi-wangian. Tapi kalo tawas, perfume-nya dijual terpisah pemirsa...

Okey, sekian dulu dari saya, dan selamat mencoba ya...

^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setitik kalimat dari Anda selalu kami tunggu...
^^

isi dari blog ini dilindungi oleh hak cipta, jika Anda ingin mengambil sebagian atau seluruh konten dari blog ini, diharapkan Anda menghormati hak orang lain dengan mencantumkan alamat blog asli.